22 Sep

Peringatan ALLAH…(1)

suatu sore pada tahun 2000, bukan puasa, situasi hujan gerimis, membuat istri males masak untuk berbuka puasa. sepakat membeli nasi gudeg bungkus…

di tengah perjalanan, di pertigaan lampu trafic light, lampu merah, kami berhenti untuk menunggu nyala lampu hijau. saat itu saya sempat melihat (maaf) “orang gila” di bawah pohon, kedinginan, hanya memakai celana (tentu compang-camping), tanpa baju, sedang memungut puntung rokok yang masih menyala yang baru saja dibuang oleh pengendara sepeda motor di depan saya….

muncul perasaan kasihan saya pada orgil tersebut… (maaf ini tidakk ada maksud tujuan apa2, just alur cerita saja). sehari puasa, tidak makan-minum sehari sudah merasakan lapar, bagaimanakah rasa lapar orgil tersebut, yang mungkin sudah 2-3-4-5-6 hari tidak makan. bagaimana rasanya yaaa… puasatentumembawa hikmah yang luar biasa.

seperti biasa, saya pesen menu khusus: nasi bungkus+sayur+2 tempe+2telur+tanpa pakai pedas (jangan heran, menu itu untuk buka dan sahur). istri saya juga pesenmenu khusus: nasi+kepala ayam doank.

ingat orgil yang tadi, saya pesan juga menu khusus ke-3: nasi +syur+1 tempe+1 telur (dah cukup, masa buat ngasih orgil sama dengan yang akan saya makan). hari itu termasuk sukses besar, karena antri tidak panjang seperti biasanya.

selesai membayar, kami langsung bergegas pulang. sesampainya di tempat dimana saya melihat orgil yang tadi, saya perhatikan dengan seksama. tidak ada, tidak ketemu, tidak nampak. akhirnya saya memutar setir ke arah jalan raya utama. saya berjalan sangat pelan. saya sudah susuri jalanan hingga lebih dari 1 km, tidak ada, tidak ketemu, tidak nampak… saya segera memutuskan untuk memutar ke arah sebaliknya, siapa tahu dia berjalan kesana. saya terus menyusuri, hingga hampir 2km…tidak ada, tidak ketemu, tidak nampak.

saya akhirnya kembali ke tempat awal dimana saya melihat orgil itu. saya turun dan mencoba menelusuri di bawah jembatan kereta api, siapa tahu dia ada di sana. tidak ada, tidak ketemu, tidak nampak.

dalam kondisi yang agak putus asa, saya kembali ke mobil. tidak habis pikir, rupanya si orgil itu hanya bergeser tak lebih dari 10m saja, dan saya dan istri saya tidak melihatnya, harus muter-2 lagi. lega rasanya, niat hati memberi nasi bungkus akhirnya kesampaian juga. saya buka plastik kresek bungkus nasi, saya ambil 1 bungkus, dan saya berikan ke orgil tadi. kemudian jalan pulang. sampai di rumah kebetulan sudah adzan MAGRIBH, jadi saya segera minum kopi kental banget kesukaan+rokok+gorengan. setelah selesai sholat tarawih, barulah saya mengambil nasi bungkus menu “faforit” saya (saya memang tidak biasa makan nasi petang hari, paling tidak setelah jam 21.00 WIB baru makan nasi.

ASTAQFIRULLAH, ampuni kami ya ALLAH. SUNGGUH ENGKAU MAHA KUASA,

saat itu juga ALLAH SWT telah mengingatkan diri saya. nasi bungkus saya ternyata ketuker dengan nasi bungkus yang akan semestinya saya berikan untuk si orgil. apa mau dikata, bagaimana lagi, saya tetap harus makan nasi, jadi saya makan juga menu khusus orgil, dan dia makan menu khusus faforit saya.

YA ALLAH, … ampunilah saya, selama ini kami telah menyia-nyiakan nikmat-MU. kenapa juga kami harus membedakan menu nasi bungkus, hanya karena untuk saya yang puasa 1 hari, padahal dia telah puasa berhari-hari.

AMPUNI saya YA ALLAH….

5 Responses to “Peringatan ALLAH…(1)”

  1. 1
    wa2nlinux Says:

    Hmmm … perlu tanya ustadz om bagaimana hukumnya kasih makan orang gila sapa tau akibatnya gitu ….

    –> Sugeng siang Pak Ustadz, badhe nyuwun prikso, ingkang kados meniko ukum-ipun kados pundi nggih ?

  2. 2
    Mauladi Says:

    Lumayan lucu pak ceritanya…. hehehe
    tulis lagi dong blognya pak… mungkin ada peringatan yang lebih seru 😀

    –> oke OM, tunggu dalam waktu dekat. Insya ALLAH sy update..! Sukses yah !

  3. 3
    dias Says:

    iya…tentu ada hikmah yg bs diambil.
    berikanlah makanan kepada orang lain apa yg seperti kita makan, perlakukanlah orang lain seperti apa yg orang lain ingin perlakukan kpd kita.

    –> Anggaplah seperti mukhrim ndiri ???

  4. 4
    rusidi Says:

    saya rusidi alumni teknik informatika lulus 2003.
    sekarang kerja jadi kaprodi Teknik Informatika dan AMIK AKMI Baturaja sum-sel.
    gmn kabar Bpk?

    minta alamat e-mai Bapak?

    –> Selamat..selamat. Saya bangga & ikut berbahagia. Semoga sehat selalu.
    –> This my email address: edhy_sst@yahoo.com

  5. 5
    Rey Says:

    Huahahahahahaha…….. No Comment!

    –> Bagusss, komentar yang baguussss ! i like it !

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.