13 Oct

Buku 02-Sistem Informasi Manajeman

Buku 02-Sistem Informasi Manajemen

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit GRAHA ILMU Yogyakarta pada tahun 2003. Buku ini berisi materi tentang konsep-konsep dasar yang terkait dengan sistem informasi manajemen.

Buku ini saya tulis mengingat konsep SIM telah berkembang dari waktu ke waktu, dan para manajer semakin merasakan pentingnya pengelolaan informasi sebagai sumber daya maya dalam organisasi. Informasi tersebut sama pentingnya dengan dengan sumber daya fisik lainnya yang tersedia.

Ada banyak hal yang perlu dikenali, dipahami, diketahui, dan dikuasai oleh para pengembang software aplikasi komputer, system analyst, serta manajer yang memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan kinerja organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. SIM harus diletakan pada suatu persepsi yang benar agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam organisasi.

Buku ini membahas konsep SIM dalam organisasi dengan cara yang sederhana. Di dalamnya dibahas tentang konsep-konsep mendasar SIM, sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information Systems / CBIS), perancangan sistem informasi manajemen berbasis komputer yang mampu mendukung pengambilan keputusan manajemen, serta teknik analisis dan desain SIM. Setelah selesai membaca buku ini, Pembaca akan memperoleh pemahaman tentang konsep SIM secara komprehensif.

Apa sebenarnya SIM itu, apa kaitannya dengan komputer dan manajer, bagaimana peranan SIM menunjang keberhasilan organisasi, bagaimana SIM dikembangkan, serta banyak pertanyaan lain akan diperoleh jawabannya dari buku ini.

Susunan materi dalam buku ini adalah sbb
BAGIAN PERTAMA: KONSEPSI SIM (Konsep Dasar SIM, Peranan SIM dalam Kegiatan Manajemen, Evaluasi SIM, Pengendalian Mutu SIM, Tujuan Terhadap Berbagai Aplikasi SIM)

BAGIAN KEDUA: COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM/CBIS (Computer Based Information System / CBIS, Pemanfaatan Teknologi Informasi utuk Mencapai Keunggulan Kompetitif, Implikasi Etis Penggunaan Teknologi Informasi, Penerapan Model Umum Sistem untuk Pemecahan Masalah)

BAGIAN KETIGA: PERANCANGAN SIM (Daur Hidup Pengembangan SIM (Systems Development Life Cycle/SDLC), Perancangan SIM Secara Umum, Perancangan SIM Secara Terinci, Seleksi Teknologi Sistem Informasi)

BAGIAN KEEMPAT: TEKNIK ANALISIS DAN PERANCANGAN SIM (Teknik Analisis san Perancangan Sistem Menggunakan Easycase, Teknik Analisis san Perancangan Sistem Menggunakan Rational Rose)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.