13 Oct

Buku 03-Algoritma

Buku 03-Algoritma

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit GRAHA ILMU Yogyakarta pada tahun 2004. Buku ini berisi materi tentang konsep-konsep dasar yang terkait dengan Algoritma: Teknik Penyelesaian Permasalahan unutk Komputasi.

Buku ini saya tulis mengingat pemahaman tentang algoritma merupakan aspek kritis dalam pemrograman komputer, yakni guna memperoleh kebenaran logika (logical validity) program aplikasi yang dikembangkan. Peranan algoritma menjadi penting, karena kesalahan logika program akan mengakibatkan kesalahan yang fatal pada hasil eksekusinya.

Solusi dalam bentuk algoritma relatif mudah dipahami, sehingga dapat mencegah sejak dini munculnya kesalahan dalam program aplikasi. Tentu saja, jika demikian fase ini berlangsung sebelum tahapan implementasi ke dalam solusi program komputer dilaksanakan.

Memahami solusi dalam bentuk algoritma, berarti mengerti tentang permasalahannya dan mengerti tentang bagaimana menyelesaikannya dengan benar. Hal seperti ini jauh lebih penting dan bermanfaat. Kebiasaan cara berpikir logis, terstruktur, dan sistematis dan kemampuan menerapkan trik-trik yang tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan, merupakan tuntutan dan sekaligus menjadi keuntungan nyata bagi seseorang yang mempelajari algoritma dan pemrograman komputer. Pada sisi lain pemahaman konsep algoritma menuntut kita untuk dapat menentukan pilihan alternatif solusi yang paling tepat bagi program aplikasi yang akan dikembangkan.

Buku ini utamanya ditujukan untuk mendukung mata kuliah Algoritma, Logika dan Algoritma, serta Algoritma dan Pemrograman bagi para mahasiswa Teknik Informatika, Manajemen Infromatika, Ilmu Komputer baik pada jenjang Sarjana maupun Diploma. Buku ini juga dapat digunakan oleh siapa saja yang tertarik mempelajari konsep algoritma dan pemrograman komputer tanpa harus bergantung pada salah satu bahasa pemrograman, sehingga penerapannya menjadi sangat fleksibel.

Susunan materi dalam buku ini adalah sbb:
BAB I. PENDAHULUAN (Konsep Algoritma, Program computer, Konsep Program Terstruktur, Struktur Proses Dalam Algoritma, Data Komputasi, Tipe Data, Pseudocode, Bagan Alir (Flowchart)I
BAB II. PROSES REKURSI DAN ITERASI (Konsep Rekursi dan Iterasi, Beberapa Contoh Permasalahan, Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Rekursi dan Iterasi)
BAB III. METODA LEAST SQUARE (Regresi Linier Sederhana, Regresi Polinomial)
BAB IV. MENGHITUNG AKAR-AKAR PERSAMAAN (Menghitung Akar-akar Persamaan Kuadrat, Menghitung Akar-akar Persamaan Suku Banyak, Perbandingan Antar Metoda)
BAB V. HITUNG INTEGRAL (Metoda Simpson, Metoda Empat Persegi Panjang (Rectangle), Metoda Segi Empat Sembarang (Trapezoid))
BAB VI. PENGURUTAN DATA (SORTING) (Metoda Seleksi Langsung (Straight Selection), Metoda Gelembung (Buble Sort), Metode Penyisipan Langsung (Straight Insertion), Metoda Penyisipan Biner (Binary Insertion), Metoda Quick Sort (Partition Exchange Sort), Metoda Shell Short (Diminishing Increment), Metoda Merge Sort (Two-Way Marge Sort), Metoda Radix Sort)
BAB VII. PENCARIAN DATA (SEARCHING) (Metoda Pencarian Langsung (Linear Search), Metoda Pencarian Biner (Binary Search))
BAB VIII. MENGGABUNGKAN DUA VEKTOR (MERGING) (Penggabungan Sederhana (Simple Merge), Mailing List)
BAB IX. OPERASI MATRIK (Operasi Penjumlahan, Operasi Perkalian, Matrik Transpose , Matrik Invers)
BAB X. MATRIK DAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SIMULTAN (Metoda Eliminasi Gauss, Metoda Eliminasi Gauss-Jordan, Metoda Iterasi Jacobi, Metoda Iterasi Gauss-Seidel)
BAB XI. METODA COBA-SALAH (TRIAL-ERROR) (Mencari Penyelesaian Fungsi Persamaan, Menghitung Akar Kuadrat Bilangan Integer)
BAB XII. MENCARI DATA MAKSIMUM DAN MINIMUM (Mencari Data Maksimum, Mencari Data Minimum)
BAB XIII. MENGECEK KESAMAAN DUA VEKTOR (Mengecek Kesamaan Dua Vektor Tidak Urut, Mengecek Kesamaan Dua Vektor Urut)
BAB XIV. OPERASI KARAKTER (Membalik Kalimat, Mengetes Kata Palindrom)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.