13 Oct

Buku 10-Basis Data dalam Tinjauan Konseptual

Buku 10-Basis Data dalam Tinjauan Konseptual

Buku ini berhasil memenangkan Program Hibah Penulisan Buku Teks DP2M DIKTI, DEPDIKNAS RI tahun 2010 dan diterbitkan oleh Penerbit ANDI Yogyakarta pada akhir tahun 2010. Proses penyempurnaan naskah buku ini dilakukan melalui kegiatan Lokakarya Penulisan Buku Teks DP2M DIKTI, DEPDIKNAS RI tahun 2010 yang berlangsung di Hotel Permata Bogor, tanggal: 09-10 Maret 2010, dengan Pendamping Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom. (Universitas Gunadarma Jakarta). Beliau telah banyak memberikan saran, masukan, koreksi, dan dorongan sehingga naskah buku ini menjadi lebih sempurna. Thank’s Prof…..!!!

Penulisan buku ini dimaksudkan untuk memberikan sumber referensi berupa buku teks tentang konsep pengarsipan data secara basis data. Setelah selesai mempelajari dan menyelesaikan semua evaluasi dalam buku ini, pembaca diharapkan akan mampu menjelaskan konsep pengarsipan data secara basis data untuk keperluan perancangan basis data dalam rangka pengembangan Computer Based Information Systems (CBIS), mampu membuat model, mampu melakukan analisis, serta menyusun rancangan basis data yang optimal dalam kasus nyata.

Secara garis besar, buku ini membahas tentang konsep dasar basis data, pandangan terhadap basis data, pemodelan data, perancangan basis data dengan teknik normalisasi, penulisan schema dan subschema, contoh studi kasus, serta aspek terkait dengan proyek pengembangan sistem basis data.

Buku ini ditujukan, khususnya untuk mahasiswa jenjang sarjana pada bidang Ilmu Komputer/Informatika, dan khalayak umum lainnya yang tertarik mempelajari konsep basis data. Buku ini sekalipun berisi materi konseptual, namun dibahas dengan cara yang sederhana, dilengkapi contoh-contoh penjelas, dan dapat dipakai tanpa harus bergantung pada perangkat lunak DBMS tertentu, sehingga penerapannya menjadi fleksibel.

Buku ini memiliki susunan materi sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
BAB II. DEFINISI BASIS DATA DAN SISTEM BASIS DATA
BAB III. TUJUAN PENGEMBANGAN & KEUNTUNGAN BASIS DATA
BAB IV. BATASAN ATURAN BASIS DATA
BAB V. ARSITEKTUR BASIS DATA
BAB VI. PEMODELAN DATA
BAB VII. MODEL ENTITY RELATIONSHIP
BAB VIII. MODEL SEMANTIC
BAB IX. MODEL HIERARCHYCAL
BAB X. MODEL NETWORK
BAB XI. MODEL RELATIONAL
BAB XII. SCHEMA DAN SUBSCHEMA
BAB XIII. ASPEK PENGEMBANGAN BASIS DATA
BAB XIV. STUDI KASUS PERANCANGAN BASIS DATA

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.